Hindari Tidur Berlebihan saat Puasa

 Bulan suci ramadhan di man semua umat muslim menjalankan ibadah puasa, menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh semua orang di dunia termasuk Indonesia. Pada bulan tersebut, semua amalan baik akan dilipatgandakan sehingga orang berlomba-lomba berbuat kebaikan.

Bahkan tidur pun bisa mendapat pahala, tetapi hal ini perlu dipahami lebih lagi oleh orang-orang yang salah memahaminya. Banyak orang bermalas-malasan saat puasa, dan lebih memilih tidur dibanding melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat.

Banyak kegiatan bermanfaat untuk dilakukan, selain tidur. Bukan hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi juga orang di sekitar. Untuk lebih jelasnya, kami akan membahas apa saja kegiatan bermanfaat selain tidur yang bisa dilakukan juga hukum tidur saat puasa.

Hukum Tidur saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Tidur memang menjadi kegiatan yang banyak dilakukan oleh sebagian orang saat sedang berpuasa, selain bisa membuat waktu terasa cepat, tubuh juga tidak merasakan lapar atau haus karena tidur.

Menurut Hadist Al Baihaqi orang yang sedang tidur saat berpuasa, merupakan ibadah. Diamnya menjadi tasbih dan doanya menjadi mustajab. Maksud hadist ini adalah semua kegiatan kita diniai sebagai pahala, selain kegiatan negatif.

Namun apabila puasa kita hanya dihabiskan untuk tidur, dan bermalas-malasan menunggu waktu maghrib maka lebih baik melakukan kegiatan bermanfaat karena nilai pahalanya akan lebih besar.

Karena orang yang berpuasa dan tidur seharian, hanya mendapatkan haus dan lapar saja. Tidur di siang hari boleh-boleh saja, tapi secukupnya jangan habiskan waktu untuk tidur karena saat bangun tubuh malah terasa semakin lemas.

Habiskan waktu dengan kegiatan bermanfaat baik manfaat di dunia maupun akhirat. Berilah kebaikan untuk orang sekita, karena pahala yang didapat akan berlipat ganda di bulan ramadhan.

Kegiatan Bermanfaat di Bulan Ramadhan

Banyak sekali kegiatan bermanfaat untuk dilakukan, sebagai manusia kita juga harus melakukan kebaikan kepada orang yang membutuhkan. Jangan hanya mengingat diri sendiri, tetapi ingatlah orang lain yang tidak seberuntung kita hidup di dunia.

1.   Membaca Al-Quran

Membaca kita suci Al-Quran bukan di bulan ramadhan saja, bisa mendapatkan banyak pahala. Apalagi dilakukan saat bulan ramadhan, tidak terbayang berapa banyak pahala untuk ditabung saat akhirat nanti.

Banyak sekali keutamaan membaca Al-Quran, diantaranya adalah pemberi syafa’at di hari kiamat nanti, menaikkan derajat pembacanya, pengisi hati yang kosong, dikelilingi oleh para malaikat dan masih banyak lagi.

2.   Sedekah

Sedekah memang menjadi kegiatan yang disukai oleh Allah SWT. Kita sebagai umat muslim memang dianjurkan untuk bersedekah, karena lebih baik kita memberi kepada sesama daripada meminta-minta.

Selain bisa membantu sesama, amalan ini juga bisa membantu kita saat di akhirat nanti. Sedekah tidak akan membuat miskin, malah membuat harta menjadi berkah, juga bisa menghapuskan dosa serta dapat membebaskan diri dari siksa kubur.

Lakukanlah kegiatan bermanfaat, agar senantiasa puasa yang dijalankan menjadi ladang pahala saat di akhirat kelak. Allah SWT memberikan keberkahan bagi siapa saja yang menjalankan ibadah puasa, ditambah melakukan kegiatan positif didalamnya.

0 Response to "Hindari Tidur Berlebihan saat Puasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel