Aturan Mandi di Siang Hari saat Bulan Ramadhan


Sebagian umat muslim yang menjalankan ibadah puasa, masih bingung dengan hukum islam mengenai mandi di siang hari saat berpuasa. Seperti yang kita tau, bahwa salah satu hal yang membuat puasa tidak sah adalah masuknya air ke dalam mulut dan hidung.

Membersihkan tubuh di siang hari pada saat berpuasa memang menyegarkan tubuh, yang sudah lelah karena aktivitas juga keringnya dahaga. Apalagi disaat cuaca yang panas, bisa membuat tubuh menjadi lebih segar.

Namun tentu kita tidak mau apabila ibadah yang sudah dijalani sejak sahur, batal karena mandi di siang hari bukan. Apabila masih ragu mengenai aturan yang diperbolehkan atau tidaknya, mari kita simak ulasannya berikut ini.

Aturan Mandi di Siang Hari saat Puasa

Mandi di siang hari memang diperbolehkan, asal hidung atau mulut tidak kemasukkan air yang bisa membuat puasa batal. Jadi kalau bisa mandi tanpa menyiram air pada daerah muka, karena dikhawatirkan air bisa masuk ke dalam area yang dilarang.

Menurut Hadist Riwayat Abu Daud No. 2365, beliau pernah melihat Rasulullah SAW mengguyur kepalanya dalam keadaan berpuasa saat sedang terik-teriknya matahari. Namun agar mencegah batalnya puasa, kita harus berhati-hati juga saat mandi.

Kalau bisa saat membasuh menggunakan gayung, karena kalau pakai shower ditakutkan air bisa rawan untuk masuk ke dalam mulut dan hidung. Mandi memang tidak menjadi masalah, yang menjadi masalah adalah apabila air tersebut masuk ke dalam rongga-rongga mulut ataupun hidung.

Mandi yang Membatalkan saat Puasa

Mandi bertujuan untuk membersihkan badan dari segala macam kotoran dan najis, sehingga badan bisa bersih dari kotoran yang menempel juga menyegarkan. Namun apabila kita mandi saat berpuasa, sebaiknya jangan secara berlebihan.

Yang dimaksud disini adalah apabila kita mandi, namun saat kita berkumur atau menghirup air secara berlebihan, bisa membatalkan puasa. Karena air bisa masuk ke dalam tubuh, ditambah lagi niat kita mandi tersebut bukan untuk menghilangkan kotoran tetapi ada niat lain.

Sama halnya dengan wudhu, disaat menghirup air melalui hidung dan berkumur-kumur kita harus berhati-hati. Tetapi apabila air tersebut tidak sengaja masuk, maka puasa tidak batal. Namun sifat kehati-hatian perlu diterapkan pada hal ini.

Semua kembali ke niat, apabila kita berniat untuk sekedar mandi atau wudhu dan air tidak sengaja masuk, maka bisa melanjutkan puasa. Dan apabila kita memang berniat untuk menghilangkan kotoran, sebaiknya melakukan dengan cara yang sewajarnya saja tidak usah dilebih-lebihkan.

Memang terdengar sepele, tetapi hal kecil ini bisa membatalkan puasa apabila lalai. Selalu jaga puasa, agar hal-hal kecil seperti ini tidak kita hiraukan dan malah menjadi alasan batalnya puasa di bulan ramadhan.

Sebagai umat muslim, sebaiknya tau mengenai larangan serta aturan disaat menjalani puasa bulan ramadhan. Jangan sampai hal ini bisa membatalkan puasa di bulan ramadhan, lengkapi kewajiban ibadah kita sebagai umat muslim.

0 Response to "Aturan Mandi di Siang Hari saat Bulan Ramadhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel